23 yo | sensitive | cheerful | independent |

Friday, June 22, 2012

How to Get Jogja

Hi, hmm...after reading some traveler's blogs, I was inspired to post about it. Yaaa...I know, I'm not a backpacker and I'm not even a traveler (pengalaman aja baru punya 1), haha but I wanna share to you about it, semoga bermanfaat bagi orang2 awam yang benar2 awam dalam bepergian ke Jogja hehehe.
for you guys from Jakarta dan sekitarnya, dan for you guys yang punya low budget buat bepergian ke sana, dont worry ! banyak jalan menuju roma.
bukan karena gw dinobatkan sebagai AnKer (Anak Kereta) atau gimana, tapi gw lebih menyarankan kalian buat memilih jenis transportasi yang ini karena membutuhkan harga yang wajar dan waktu tempuh yang tidak terlalu bikin pantat semutan. Kenapa tidak pesawat ???? Karena eh Karena, pesawat itu mahal cuy ! ada sih beberapa low cost airlines yang menawarkan harga yang sebanding dengan harga kalo lo mau beli baju di Matahari, tapi hm...naik kereta lebih terasa nikmatnya. Ga cuma awan yang lo pelototin tapi bakal banyak pemandangan yang menyejukkan mata. Lagi pula, naik pesawat kalo ga dapet tiket promo juga at least lo harus ngeluarin budget minimal 200rebu. (ya ga sih? so tau gw haha). Intinya adalah, sekali lagi, gw bukan Brand Ambassador PT Kereta Api Indonesia, gw cuma mau bilang naik kereta itu enak hahaha

Buat para backpacker mungkin lebih enak kalo naik ekonomi, tapi ya tapi, sangat tidak gw anjurkan buat kalian traveler awam macem gw buat naik kereta ekonomi yang keadaannya memprihatinkan itu *berdasarkan cerita dari seseorang dia pernah ke Jogja naik ekonomi dan ga duduk, mending turun ga sih ?
Jadi nih, I'll give you some choices...terserah kalian, tergantung budget kalian, tergantung niat kalian, kalo mau asal sampe, ga usah cari yang mahal2.

Bisnis


Pertama akan gw jelaskan mengenai kereta Bisnis. Nama kereta bisnis jurusan Jogja adalah Fajar Utama Yogya (keberangkatan pagi jam 7.10) dan Senja Utama Yogya (jam 19.35) dengan waktu tempuh antara 8-9 jam keberangkatan St.Pasar Senen. Harga tiketnya sekitar Rp 190.000an. Fasilitasnya bangku panjang yang ga ada sekatnya yang sisi postifnya adalah lo bisa ganti2 gaya pas duduk, gaya bebas, kupu2, kodok, serah lo. tapi sisi negatifnya kalo duduk sama pria2 mas2 tengil yang iyuh kamseupay, males bgt ga sih lo. Kereta Bisnis ga dilengkapin sama AC, cuma ada Kipas dan AC alam yang bakal bikin kenyang makan angin atau sukses bikin tirai jendela bangku depan lo berkibas kibas depan idung lo. hah, hidup memang rumit #ga nyambung. Lanzut !
selain itu, di kereta bisnis kalian juga akan banyak menemui penduduk2 setempat yang ramai mengumandangkan barang dagangan mereka, mulai dari nasi rames, pop mie, energen, mijon, pulpy, aqua, wingko, lanting, pisang rebus, sendok sayur, pulpen, sampe alat jait manual. Ada untungnya juga sih.
Buat yang cacingnya sering meronta ronta minta dikasih makan, jangan khawatir, selain banyak pedagang makanan, petugas makan kereta juga rajin mondar-mandir dari gerbong depan ampe belakang buat nawarin menu. Harganya kalo  menurut gw standar, mahalnya masih bisa ditoleransi. Gw pesen nasi goreng pake telor 15.000, ga terlalu beda jauh sama warung depan kosan gw.

Ekonomi AC


Jenis Kereta kedua yang bisa digunakan adalah jenis Ekonomi AC, ada Gajahwong (7.50) dan Bogowonto (18.40) yang berangkatnya juga dari St.Pasar Senen. Pelajaran buat kalian yang buka Situs PT Kereta Api Indonesia, disana tertera Ekonomi bukan Ekonomi AC, that's why I chose Bisnis than Ekonomi AC. padahal hm... =,= *menyesal seumur hidup.
Harganya juga lebih murah dibandingin sama Bisnis, sekitar 2 minggu lalu senior gw naik Bogowonto cuma Rp 140.000, tapi barusan gw cek di Situs PT KAI jd Rp 170.000, mau liburan kali ya ? ya intinya lebih murah deh. interior dan eksterior dari kereta ini juga lebih indah dipandang dibandingin kereta bisnis. lebih keliatan terawat dan lebih baru juga. bisa diliat sendiri lah ya. Gw hampir menitikkan air mata gitu pas liat kereta Bogowonto lewat depan congor gw berangkat meninggalkan gw ke Jakarta di Stasiun Tugu Jogja. Nyesel senyesel-nyeselnya kenapa ga naik itu aja. haha yasudahlah, namaya juga awam.
hm...bedanya ya kalo bisnis ga ada AC, kalo ekonomi AC ada AC, iyalah ! kalo ga ada namanya Ekonomi Non AC, gimana sih lu *toyor Gita*
kalo soal makanan, pedagang, dll gw juga kurang tau, belum pernah soalnya, nanti suatu hari nanti saat aku sudah pernah merasakannya, akan ku ceritakan kembali~

Eksekutif


Ini sangat direkomendasikan buat orang yang nyari kenyamanan tapi haram bagi orang yang ga punya duit.
nyaman sih...AC, non pedagang, bersih, yah enaklah pokonya, tapi...kalo gw boleh saran mending lo naik pesawat karena harganya ga beda2 jauh. Labil ya gw ? tadi katanya mending naik kereta.
bukannya gitu...tapi, sayang aja, waktu tenpuh dan biayanya.
tapi buat informasi aja, Kereta Eksekutif jurusan Jogja itu ada Taksaka Pagi (8.45) atau Taksaka Malam (20.45) keberangkatan St.Gambir dengan harga sekitar Rp 340.000, tuh kan ? mending pesawat sekalian kan ?
nah, buat lo yang emang udah tau tanggal pasti keberangkat dari jauh2 hari (3 bulan sebelumnya), lo bisa nih pake jasa tiket promo, karenaaa...tiket promo udah bisa dibeli dari H-90 keberangkatan, dan tiket promo itu jumlahnya terbatas banget dan cepet banget abisnya, tapi lumayan banget, harganya lebih murah dari Ekonomi AC, cuma Rp 100.000, murah kan ? mesti grecep tapi yak :p








Cheers,
Gita Si Traveler Awam.