23 yo | sensitive | cheerful | independent |

Wednesday, March 5, 2014

KL-Spore Trip #1

HELL to the OW HELLOW readers !
im back. Sebelumnya, izinkan gue menyebut diri gue dengan sebutan "gue" dulu untuk post kali ini. Karena, konteks pembicaraan bukan tentang curhat, melainkan, mau membayar hutang gue share trip-trip gue ke kalian.
mau share yang mana dulu nih ????

"Bandung !!!"

"Malang !!!"

"Malay-Spore !!!"

"Eropa !!!"

 Oke, untuk yang trakhir, itu cuma halusinasi.
 Dari trip yang awal dulu kali yah, KL-Spore. Uyeaaaaayyyy. Dan, penjelasan soal KL-Spore mungkin akan gue bagi jadi beberapa part. Karena, gue bakal share hal2 yang keliatannya ga penting tapi mungkin cukup banyak orang yg butuh tau soal ini #sok penting.




Sebenernya, udah gampang banget buat kalian yang mau pergi ke 2 negara itu. FYI, tiket murah sih biasanya di dapet dari Air Asia atau Tiger Airways. Nah, gue sendiri belom pernah pake Air Asia, kmaren gue pake Tiger cuma kena Rp 499.000/orang jkt-KL-jkt. Itu gue dapet tiket promo yang didapat pagi2 buta.
Dan buat sharing aja sih, sepengalaman gue, naik tiger cukup memuaskan (dengan harga yang gue sebutkan tadi). Yaaaaaaa...not bad lah buat standard low cost carrier.

dalemnya Tiger Mandala RI 700 jkt-kl


Kalo lo pake tiger, lo bakal landing di LCCT, bukan di KLIA, which is keadaannya yaaaa...yaaaa yaaa intinya ga usah ngebayangin bentuknya kaya bandara2 cool di luar negeri. Biasa aja, sama aja kaya Soeta bahkan jauh lebih kecil LCCT.


LCCT

Nah jadi gini guys, buat kalian yang mau keliling KL, kalian bisa menuju 2 terminal/stasiun utama, TBS (Terminal Bersepadu Selatan)+BTS (Bandar Tasik Selatan: stasiun yang terintegrasi dgn TBS) atauuu KL Sentral.


1. Terminal Bersepadu Selatan-Bandar Tasik Selatan
    Ga cuma integrasi antar kedua itu aja, di tempat ini juga terintegrasi KLIA transit, dimanaaaa, turis yg landing di KLIA bisa langsung memanfaatkan jasa kereta ekspress ini. Selain itu, disini juga terintegrasi angkutan masa jenis kereta api di Kuala Lumpur (Lo tau ga, gue bingung harus share yg mana dulu, buanyak bgt yg mau gue share haaaaaaaa -,-). Beberapa diantaranya kaya KTM dan LRT. Jadi yah guys, kalo disana itu, turis kudu wajib bgt punya peta jalur train. Jangan sampe salah naik jenis kereta, ga bakal nyampe, nyampe sih, ke posisi semula tapinya :/
Jujur, gue sangat amat menyukai banget TBSnya, zuper kalo gue bilang. Lebih mirip bandara dibanding terminal. Bersih, tertata, nyaman, ga membingungkan meskipun gede, ya pokonya bagus deh. Nih cekidot gambar-gambarnya....

tampak luar TBS

papan jadwal dan loket2 di TBS


ruang tunggu TBS



"Lah Git, tadi katanya terintegrasi, emang gimana sih maksudnya??"

Jadi gini broh, Dari TBS-BTS-KLIA Transit itu ada jembatan2 penghubungnya. Macem jembatan busway lah kalo di Jakarta mah. Tinggal ikutin petunjuk aja ;)




"Terus, bandar tasik selatan apa git?"

Kaya yang tadi gue bilang, bandar tasik selatan itu stasiun. Yang bisa nganterin kita ke KL Sentral atau stasiun2 lain. Gunanya apa kalo kita bisa ke KL Sentral ? Gunanya adalah, kita bisa memanfaatkan jenis2 angkutan macem kereta api yang lainnya lagi, contoh: MRT, karena semuanya bermuara di KL Sentral. Begitu loooohhhh~

KL Sentral
Nah kalo KL Sentral ini pastinya jauh lebih rame karenaaa...orang2 yang transit semuanya tumplek blek disitu. Sekali lagi, supaya ga salah arah dan kereta dan supaya ga salah beli tiket, pastikan dulu kalian seharusnya naik jenis train apa, cari loket pembeliannya, terus cari platformnya.
Tips: Supaya ga bingung nentuin platform mana, cari stasiun akhir di jalur kereta yang bakal kalian lewatin, karena petunjuk platform itu biasanya cuma berisi stasiun tujuan akhir.


contoh train map yang harus turis punya. Versi jelasnya bisa dicari di google.

KL Sentral

KL Sentral


Sebenrnya gue juga pgn jelasin gimana cara beli tiket elektroniknya, tapi gue bingung jelasinnya gmn ga ada gambarnya. Hm, tips dari gue, tanya aja orang sana lah ya AHHAAHA. dan sdiain aja uang pecahan kecil, karena mesinnya ga mau kalo pecahannya terlalu gede ;). Oiya, seinget gue, semuanya itu pake mesin, kecuali KTM, KTM beli karcisnya sama aja kaya kita beli tiket commuter line jaman dulu, tinggal bayar di loket.
 
Balik lagi ke LCCT, kalo gue waktu itu ke TBS, karena apartemen temen gue ga jauh dari situ. Nah dari LCCT, kalian bisa pake Jetbus yang harganya cuma 8 RM. Busnya mangkal di tempat mangkal2 bus *apaan si git. Iya pokonya lo jalan aja deh nanti nemu deh tuh deretan bus parkir. Bayarnya ga usah beli tiket dulu di dalem ruang bandara, langsung aja bayar di dalem busnya. Keadaan busnya sendiri cukup nyaman menurut gue, atau bahkan totally nyaman. Kelebihan lainnya yaitu ini bus ga pake mampir mampir alias langsung capcus ke TBS.
Oiya, infrastuktur KL itu bisa dibilang udah cukup bagus. Disana, jalan2 itu bentuknya kaya jalan tol semua. Mungkin ini juga salah satu kelebihan KL yg membuat turis betah.



TIPS
-pengucapan bus di Malaysia itu bukan "bis", tapi "bas"
-panggilan untuk mas2 itu Abang, dan panggilan untuk mba2 itu Kakak. Penting bgt buat tau ini karena pas gue baru nyampe, dan karena ga tau soal ini, pas mau nanya gue maen langsung nanya aja gitu kaya orang ga punya sopan santun -,-
-berbicaralah bahasa Inggris (kalo bisa) dibanding membiarkan otak berpikir terlalu keras untuk mengerti omongan orang Melayu yang tega sama orang Indo. Ini serius, karena gue sama temen2 gue sampe diomelin tukang taksi gegara ga nyambung diajak ngobrol. You better talk in english, seriously...
-Kalo bisa sih jangan naik taksi malem2 dari TBS (atau mgkn dr manapun), karena ongkos taksi bisa dinaikin 5x lipat dari harga normal di siang hari.


Sampe sini dulu yah sharingnyaaa... ini baru hal-hal umum aja sebagai pendahuluan, next gue bakal share tentang tempat2 yang gue datengin selama disana. See ya !!!